Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Selasa, 24 Januari 2017

TERASI UDANG REBON


Udang Rebon merupakan salah satu hasil laut dari jenis udang-udangan namun dengan ukuran yang sangat kecil dibandingkan dengan jenis udang-udangan lainnya. Udang ini merupakan bahan baku pembuatan terasi. Terasi merupakan produk fermentasi udang atau udang rebon. Tahapan proses pembuatan terasi meliputi penjemuran, penggilingan atau penumbukan, serta penambahan garam yang kemudian dilanjutkan fermentasi. Selama proses fermentasi tersebut garam sebagai pengawet dan penyeleksi mikrobia yang tumbuh selama proses fermentasi, fermentasi adalah suatu proses penguraian menjadi senyawa-senyawa yang lebih sederhana oleh enzim yang berasal dari mikroorganisme dalam kondisi tertentu. Fermentasi ada yang berlangsung secara spontan mikroorganisme golongan tertentu dari lingkungan tetap bisa berkembangbiak dalam media yang terseleksi.
Ada dua macam terasi diperdagangkan dipasar, yaitu terasi udang dan terasi ikan. Jenis terasi udang umumnya mempunyai warna coklat kemerahan pada produk yang dihasilkan, sedangkan pada terasi ikan hasilnya berwarna kehitaman. Terasi bisa digunakan sebagai penyedap sehingga pemakaian terasi dalam masakan sangat sedikit, hal ini dapat mengakibatkan kandungan yang terdapat dalam terasi tidak banyak berperan. Terasi terdiri dari tiga jenis dilihat dari bahan dasar yang digunakan dalam produksi yaitu terasi udang, ikan, dan terasi campuran antara ikan dan udang. Masyarakat lebih menyukai terasi berbahan dasar udang, karena aromanya lebih sedap rasanya lebih lezat.

Terasi yang bermutu berwarna gelap tidak terlalu keras dan lembek. Dengan kandungan protein 15-20%, terasi sangat baik sebagai penyedap rasa makanan. Proses pembuatan produk terasi juga ditambahkan garam yang berfungsi untuk bahan pengawet, bentuknya seperti pasta dan berwarna hitam-coklat.bau khas dari terasi sangatlah tajam dan biasanya dipergunakan sebagai sambal terasi.bahan lainnya adalah tepung terigu, tepung beras, dan tepung lainnya. Bahan-bahan campuran inilah yang selanjutnya menentukan mutu dan cita rasa dari terasi yang dihasilkan.(SM)

0 komentar:

Posting Komentar